62019Jun
Lebaran Gak Harus Lebar-AN

Lebaran Gak Harus Lebar-AN

Idul Fitri selalu identik dengan makanan khas seperti opor, ketupat, semur, dan rendang. Sayang sekali dong kalau di momen lebaran kamu nggak bisa menikmatinya hanya demi mempertahankan angka timbangan.

Nggak usah sedih dan khawatir bagi yang sedang berdiet.
Berikut ini beberapa tips agar kamu tetap bisa menikmati sajian opor dan ketupat di hari raya:

1. Minum 1-2 gelas air dulu sebelum makan

Sudah dijelaskan, agar perut terasa penuh sebelum terisi makanan sehingga porsi makan bisa berkurang.

2. Berdoa sebelum makan

Penting. Selain doa agar diberkahi, coba deh tambahin doa minta biar nggak melar setelah makan.

3. Pilih ayam bagian dada

Kalau ada opor atau semacamnya yang terdapat lauk ayam, coba pilih bagian dada tanpa kulit karena lebih rendah lemak daripada bagian yang lain.

4. Kuah santan dan kerupuk secukupnya

Ini nih sumber kalori tersembunyi. Ambil kuah santan secukupnya karena santan merupakan sumber lemak. Tahu kan 1 gr lemak terdapat 9 kkal?
Kerupuk juga demikian. Meskipun kelihatannya ringan, tapi minyaknya lumayan. Sering kita nggak sadar udah makan 10 biji kerupuk dalam sekali kali duduk.

5. Makan dalam keadaan fresh

Maksudnya, hindari makan opor santan yang telah dipanaskan berulang kali. Lemak baik pada santan telah banyak berubah menjadi lemak jenuh dan trans yang nggak baik bagi kesehatan. Maka dari itu, masak secukupnya. Jangan mentang-mentang momen hari raya, lalu masak berlebihan.

6. Makan bareng, jangan menyendiri

Tujuan kita berlebaran adalah silaturrahim. Selain itu, kata Rasulullah makan bareng juga dapat menambah keberkahan.


#rsdinda #AyoSehat #BersamaRSDinda